1-1024x681

Antisipasi Bencana, KHI Laksanakan Simulasi Evakuasi Kebakaran

Kebakaran merupakan salah satu jenis bencana buatan manusia yang paling sering terjadi di Indonesia. Disebabkan karena kelalaian-kelalaian kecil seperti tidak mematikan rokok dengan benar, penggunaan arus listrik yang melebihi kapasitas sehingga menyebabkan arus pendek listrik, tidak berhati-hati dalam penggunaan bahan kimia berbahaya mudah terbakar, dll., kebakaran merupakan kecelakaan manusia yang seharusnya dapat dicegah dan ditanggulangi.

Area perkantoran KHI Cilegon merupakan area dengan sekitar 50 karyawan yang bekerja pada saat jam kerja non shift, dengan adanya kegiatan yang cukup padat di area perkantoran khususnya penggunaan komputer dan aliran listrik, sehingga dapat berpotensi terjadinya arus pendek listrik dan kebakaran di area perkantoran

DSC01561-1024x680

Mengantisipasi hal tersebut, KHI mengadakan kegiatan simulasi evakuasi kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik di Pabrik KHI Cilegon pada Rabu 15 November 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 61 orang karyawan yang terdiri dari perwakilan karyawan pada setiap divisi atau area kerja, tim medis, tim SHE dan tim keamanan KHI.

Simulasi evakuasi kebakaran ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kesigapan karyawan di dalam melakukan langkah menangani bencana kebakaran apabila terjadi musibah kebakaran di area pabrik dan perkantoran KHI sebelum petugas Damkar datang ke lokasi. Selain itu simulasi juga bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi prosedur serta skenario penyelamatan yang telah dibuat sekaligus untuk mensosialisasikan kembali rambu-rambu evakuasi di lingkungan pabrik dan kantor KHI.

1-1024x681 IMG_20171115_140023-1024x768

Dengan adanya pemahaman teknik yang baik akan pemadaman api pada kebakaran, diharapkan karyawan dapat memberikan keselamatan pada diri sendiri dan menyelamatkan asset penting milik perusahaan.